Meskipun kalian dapat
memilih untuk memberi tahu manajer bahwa Anda mengundurkan diri dengan cara
berbicara secara langsung, sebaiknya Anda juga memiliki surat pengunduran diri
tertulis. Anda dapat mencetak surat tersebut untuk memberi manajer Anda saat
percakapan tentang pengunduran diri Anda. Atau, Anda bisa mengirimnya melalui
email sebelum atau sesudah obrolan Anda. Jika Anda tidak yakin kapan hari kerja
terakhir Anda, tunggu sampai pertemuan Anda dan tindak lanjuti dengan pesan
email.
Mengapa Menulis Surat Pengunduran Diri
Mengapa menulis surat pengunduran diri? Surat pengunduran
diri resmi mendokumentasikan fakta bahwa Anda akan pergi. Ini juga memberi tahu
majikan Anda tanggal keberangkatan dan informasi lainnya yang mungkin mereka
perlukan untuk menyelesaikan penghentian pekerjaan Anda dengan perusahaan.
Jangan sampai Surat Anda Pendek dan Sederhana
Surat pengunduran diri memungkinkan Anda mengurangi
kebingungan yang bisa terjadi selama percakapan berlangsung. Surat Anda tidak
perlu panjang. Lihat di bawah untuk contoh surat pengunduran diri yang singkat
dan langsung ke pokok permasalahan. Item utama yang termasuk dalam surat
adalah:
Kenyataan bahwa Anda meninggalkan perusahaan
Tanggal kerja terakhirmu
Selain itu, sangat tepat dan sopan untuk memasukkan ucapan
terima kasih atas waktu Anda di perusahaan dan tawaran untuk membantu selama
masa transisi saat Anda keluar jika Anda akan tersedia.
Ada kemungkinan surat tersebut dimasukkan ke dalam file
karyawan Anda dengan perusahaan, dan dikonsultasikan jika Anda meminta
referensi di masa depan.
Jadi, bahkan jika Anda kecewa dengan pekerjaan Anda, tahan
godaan untuk berkomentar secara negatif terhadap rekan kerja, manajer, atau
perusahaan Anda. Tidak perlu memberi informasi lebih banyak kepada atasan
daripada yang perlu mereka ketahui, itulah fakta bahwa Anda akan pergi.
Gunakan surat contoh pengunduran diri ini untuk membantu
Anda menulis surat Anda sendiri yang secara resmi mengajukan pengunduran diri
Anda.
Contoh surat pengunduran diri
Namamu
Alamat Anda
Kota Anda, Negara Bagian, Kode Pos
Nomor telepon Anda
Email mu
Tanggal
Nama
Judul
Organisasi
Alamat
Kota, Negara Bagian, Kode Pos
Yth bpk./ibu. Nama keluarga:
Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa
saya akan meninggalkan jabatan saya bersama perusahaan XYZ pada tanggal 15
September.
Terimakasih atas kesempatan yang telah Anda berikan kepada
saya selama saya bersama perusahaan. Jika saya dapat membantu selama transisi
ini, beri tahu saya.
Hormat kami,
Tanda Tangan Anda (hard copy letter)
Nama yang diketik
Sampel Surat Pengunduran Diri Email
Subjek: Nama Anda - Pengunduran Diri
Dear Mr./Ms. Nama keluarga:
Ini untuk secara resmi memberi tahu Anda bahwa saya akan
mengakhiri pekerjaan dengan perusahaan ABC pada tanggal 30 Juni 20XX.
Saya menghargai kesempatan yang saya miliki saat bersama
perusahaan, dan terima kasih atas dukungan yang Anda berikan selama masa
jabatan saya di sini.
Salam Hormat,
Nama yang diketik
Alamat rumah
Nomor telepon
Alamat email pribadi
Mengirim Pesan Pengunduran Diri Email
Jika Anda mengirim email surat Anda, berikut cara mengirim
pesan email pengunduran diri Anda, termasuk cara memformatnya.
Pastikan untuk menyertakan informasi kontak Anda di tanda
tangan Anda. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda jika
mereka memiliki pertanyaan setelah Anda pergi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar